header-int

55201 - Teknik Informatika

Posted by : Administrator
Share

Kompetensi Lulusan Program Studi S1 Teknik Informatika STIKOM Medan :

  1. Menguasai ilmu dasar dan terapan dalam pengembangan aplikasi di bidang Teknik Informatika khususnya Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia dan Jaaringan Komputer yang mengacu pada perkembangan teknologi masa depan.
  2. Mampu memformulasikan dan menganalisis permasalahan serta mengembangkan suatu sistem penyelesaian yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Informatika.
  3. Memiliki rasa tanggung jawab dalam lingkungan masyarakat dan peka terhadap perubahan baik teknologi dan ilmu pengetahuan maupun budaya dan lingkungan.
  4. Mampu menghasilkan penelitian bidang Informatika yang bermutu dan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, pembelajaran, serta bagi masyarakat Indonesia maupun global. 

VISI

Pada tahun 2023 terwujudnya program studi Teknik Informatika yang menghasilkan sarjana Teknik Informatika yang berkompeten, berwawasan kemandirian dan kewirausahaan dalam pengembangan jaringan komputer, manajemen basis data dan pemrograman

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional berlandaskan moral dan etika dalam upayamembentuk Sarjana Komputer yang handal dalam bidang pengembangan jaringan komputer, manajemen basis data dan pemrogramandan memiliki daya saing yang tinggi di era globalisasi.
  2. Menyelenggarakan manajemen dan organisasi program studi yang efektif, efisien dan mandiri mengacu kepada standar penjaminan mutu yang dibakukan.
  3. Melaksanakan penelitian di bidangkomputer serta mendesiminasi hasil penelitian dalam upaya pendalaman dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dalam upaya menumbuhkembangkan kepekaan dan tanggungjawab sosial segenap civitas akademika.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan program studi dan sumber daya manusia.

TUJUAN

Bidang pendidikan:

  1. Mengembangkan sikap dan perilaku lulusan yang memiliki kompetensi, profesional, disiplin, tanggung jawab dan pengabdian yang tinggi serta kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat.
  2. Menghasilkan Sarjana Komputer yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadaidalam jaringan komputer meliputi instalasi, pengembangan dan pemeliharaan.
  3. Memiliki kemampuan dalam manajemen basis data.
  4. Mampu menganalisa, merancang dan mengimplementasikan program aplikasi.
  5. Menghasilkan Sarjana Komputer menjadi bagian anggota masyarakat yang memiliki kemampuan secara professional, mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan di bidang Teknik Informatika serta mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan bangsa.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan berwirausaha dan kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan pada program pendidikan lanjutan.

Bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat:

  1. Mengembangkan kajian teoritis konsepsional melalui berbagai penelitian berdasarkan tuntutan dan perkembangan zaman.
  2. Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk membaca, meneliti dan mencerna pemikiran ilmiah dalam pengembangan konsep baru dalam upaya mendukung pembangunan bangsa Indonesia yang bermartabat, modern dan sejahtera.
  3. Mengembangkan keilmuan di bidang Teknik Informatika melalui penelitian dan mendesiminasikan hasilnya melalui berbagai kegiatan pengabdian dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Unidha STIKOM MEDAN | Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Medan | TERAKREDITASI BAN-PT
© 2024 STIKOM Medan Follow STIKOM Medan : Facebook Twitter Youtube